Klik Berita

Kategori

Prekursor Anti Narkotika Apresiasi Sikap M.Yusuf Laporkan Anaknya Pemakai Narkotika ke Polisi


Minggu,16 Juni 2019 - Di Baca : 3 Kali
MEDAN,(Aii)----

Ketua Lembaga Prekursor Anti Narkotika, Elvirahmi Tanjung mengapresiasi sikap dan langkah baik yang dilakukan seorang Ayah,M.Yusuf warga pasar XIV Dusun IX Desa Limau Manis Kecamatan Tanjung Morawa, Deliserdang yang melaporkan prilaku kasar anaknya, Ferry (32) karena kecanduan narkotika jenis sabu.

Sikap berani lapor ini adalah tanggung jawab bersama masyarakat terkhusus keluarga sebagai ketentuan wajib lapor terhadap kejahatan dan atau penyalahgunaan narkotika yang telah diatur dalam Undang- undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, pada pasal 55 ayat 3.

"Selain wajib lapor, pelapor sendiri wajib mendapat fasilitas dan didukung oleh pemerintah, dalam hal ini dukungan keamanan berupa perlindungan saksi dari petugas kepolisian dan fasilitas dari BNN dalam memperoleh hak rehabilitasi bagi pengguna narkotika" Ujar Elvi kepada wartawan, Minggu (16/6/19) di Medan.

Lanjut Elvi, sebagaimana penyalahguna narkotika dalam ketentuan undang- undang narkotika adalah korban, kendati demikian prilaku kriminal seperti pemukulan, perusakan dan hal- hal lain yang disangkakan kepada pelaku juga harus diproses secara hukum.

"Sikap M. Yusuf adalah contoh yang mesti dilakukan keluarga terkhusus orang tua demi menyelamatkan masa depan anak, dan aksi Yusuf turut berperan menekan angka korban pemakai, atau penyalahguna narkotika" kata wanita yang akrab disapa Evi Tanjung ini.

Selain Peran serta masyarakat dalam membantu pemerintah menekan angka kejahatan narkotika, keluarga adalah pihak terdepan dalam hal pencegahan dan pemberantasan, selain itu dukungan dan pengayoman aparatur negara sangat penting melindungi dan memfalitasi masyarakat dalam aksi peransertanya, tambah Evi.

" Akan sangat membantu dalam menekan bahkan memberantas peredaran gelap narkotika, bila masyarakat secara sadar akan kewajibannya dalam hal wajib lapor pada tindakan kejahatan, tidak terkecuali kejahatan narkotika,saya berharap orang tua seperti M. Yusuf akan dicontoh orang tua yang lain, khususnya orang tua yang memiliki anak pecandu narkotika" pungkasnya.

Dan sangat pentingnya koordinasi aparat kepolisian bersama BNN dalam pelaporan dan penegakan hukum terhadap kejahatan narkotika, ujar Evi mengakhiri.

Sebelumnya, dilansir pab-indonesia.co.id,  karena sudah sangat meresahkan keluarga, Ferry (32) warga pasar XIV Dusun IX Desa Limau Manis Kecamatan Tanjung Morawa, pelaku pengguna narkotika jenis sabu ini berhasil diamankan saat sedang menikmati sabu di Jln Telkom Dusun 3b Desa Limau Manis Kecamatan Tanjung Morawa, Sabtu  (15/6/ 2019), sekira pukul 10.30 wib.

Ferry, diamankan berikut barang bukti 1(satu) buah pipet, 1(satu) buah plastik transparan yang di duga berisikan sabu - sabu, 1(satu) set alat hisap, dan 1(satu) buah mancis.

Sebelum Ferry ditangkap petugas, Ayahnya M.Yusuf datang ke Polsek Tanjung Morawa melaporkan anaknya tersebut yang kerap  mengamuk dan buat resah keluarganya.

Tak sanggup menghadapi prilaku kasar dan suka memaksa meminta uang untuk membeli sabu, Yusuf memutuskan untuk melaporkan prilaku anaknya ke polisi.

Melalui petugas Bhabinkamtibmas Desa Limau Manis, Bripka Ilham Pulungan dan Bripka K. Lase mendatangi TKP lokasi Ferry sering menghabiskan waktu untuk pesta sabu dan tak butuh waktu lama petugas menemukan Ferry dan barang - barang bukti dan kemudian mengamankan Ferry ke Polsek Tanjung Morawa untuk ditindak lanjut.()

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *